Yuk, Isi Liburan dengan Belajar Bersama Maestro

Yuk, Isi Liburan dengan Belajar Bersama Maestro

Yuk, Isi Liburan dengan Belajar Bersama Maestro

Kemendikbud — Sebentar lagi libur kenaikan kelas akan tiba. Siswa/siswi SMA

dan SMK kelas X dan XI yang ingin mengisi liburan dengan berkesenian, dapat mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) dari Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). BBM merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan kepada siswa/siswa kelas X dan XI SMA/SMK untuk belajar berbagai jenis kesenian langsung kepada maestro seni. Pendaftaran BBM dibuka pada 15 Mei 2017 hingga tanggal 13 Juni 2017 melalui laman http://bbm.kemdikbud.go.id .
Kegiatan Belajar Bersama Maestro di tahun 2017 merupakan penyelenggaraan BBM yang ketiga. BBM tahun ini akan diikuti 300 siswa/siswi SMA/SMK yang akan belajar bersama 15 maestro dari berbagai bidang kesenian di daerah domisili maestro. Ke-300 pelajar itu akan home stay atau tinggal bersama maestro yang dipilihnya selama dua minggu untuk mempelajari kesenian sesuai bidang kompetensinya. Pelaksanaan BBM akan berlangsung pada 11 s.d. 24 Juli 2017.

Adapun 15 maestro yang akan terlibat dalam BBM 2017 adalah Timbul Raharjo

(Seni Rupa) di Yogyakarta, Iman Soleh (Seni Teater) di Bandung, Asia Ramli (Seni Teater) di Makassar, Dedek Wahyudi (Seni Musik) di Solo, Djana Partanain (Seni Musik) di Cirebon, Caro David Habel Edon (Seni Musik) di Kupang, Fendi Siregar (Seni Media) di Jakarta, Hanafi (Seni Rupa) Jakarta, Krisna Murti (Seni Media) di Yogyakarta, Ki Manteb Sudarsono (Seni Teater) di Solo, Titiek Puspa (Seni Musik) di Jakarta, Zakarya (Seni Tari) di Lombok Utara, Retno Maruti (Seni Tari) di Jakarta, Sunaryo (Seni Rupa) di Bandung, dan Jose Rizal Firdaus (Seni Tari) di Medan.

Setidaknya ada lima syarat pendaftaran calon peserta BBM 2017,

yaitu memiliki Surat Keterangan Sehat, Surat Persetujuan dari Orang Tua, Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, Piagam atau Sertifikat Penghargaan di Bidang Seni, Foto Karya Calon Peserta, dan Tautan (Link) Video Youtube yang Menggambarkan Karya Calon Peserta.

Pengumuman seleksi akan dilakukan pada tanggal 1 Juli 2017. Sebelum kegiatan BBM dimulai, para peserta akan mengikuti kegiatan pembekalan pada tanggal 9 s.d. 11 Juli 2017. Pendaftaran peserta terbuka bagi pelajar kelas X dan XI, baik SMA/SMK negeri maupun swasta di 34 provinsi di seluruh Indonesia. (Desliana Maulipaksi)

 

Baca Juga :