UN Berbasis Komputer, Siswa Lebih Santai

UN Berbasis Komputer, Siswa Lebih Santai

UN Berbasis Komputer, Siswa Lebih Santai

Ujian nasional (UN) hari pertama, Senin (4/04/2016), dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia

telah usai dilaksanakan oleh sebagian siswa di SMAN 70 Jakarta. Suasana riuh mulai tampak di pelataran sekolah setelah bel tanda ujian berakhir dibunyikan. Mereka kemudian berkumpul dan bercanda tawa dengan teman-temannya dengan sesekali membahas soal yang baru saja mereka kerjakan.

Salah satu siswa jurusan IPA Gary Andersen, dengan santai mengatakan bahwa ujian yang dijalaninya kali ini biasa saja. Tidak ada tekanan atau kesulitan berarti yang dihadapi, karena soal-soal yang muncul di ujian hari ini sudah sering ia kerjakan saat belajar di sekolah maupun saat uji coba UN. Namun demikian, untuk perihal teknis ia mengatakan lebih suka dengan ujian berbasis kertas. “Kalau komputer ini kendala mata, agak sakit kalau lama-lama menatap komputer,” katanya

 

Berbeda dengan Gary, Dubhe Yasmine yang juga merupakan siswi jurusan IPA di SMAN 70

ini justru lebih nyaman menggunakan komputer dalam ujian nasional. Kemudahan yang ia rasakan dalam mengerjakan soal adalah karena tidak perlu menulis panjang lebar di kertas ujian. “Cukup klik-klik saja, lebih gampang,” tuturnya.

 

Dari segi kejujuran, baik Gary maupun Dubhe mengakui bahwa UN berbasis komputer lebih jujur.

Selain tidak mendapat isu bocoran jawaban, kedua siswa ini merasa lebih percaya diri dalam mengerjakan soal. Dari 50 soal UN, keduanya dapat menyelesaikan dalam waktu 1.5 jam, dengan pengawasan ketat dari guru-guru mereka sendiri.

Kepala SMAN 7 Rita Nurmastuti meyakini, UN hari pertama telah berlangsung dengan tertib dan lancar. Ia berharap hasil para siswapun akan baik dalam UN ini. “Semoga hasilnya nanti baik, anak-anak sudah berusaha maksimal,” tuturnya.

Di SMAN 70 yang berbasis komputer, untuk satu mata pelajaran dilakukan dalam tiga sesi setiap hari. Dalam satu kelas terdapat 35 siswa dengan jumlah komputer 40 unit. Sesi pertama berlangsung sejak pagi, dan sesi terakhir akan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

 

Baca Juga :