TK Mutiara Dekatkan Anak dengan Buku

TK Mutiara Dekatkan Anak dengan Buku

TK Mutiara Dekatkan Anak dengan Buku

BANDUNG -TK Mutiara sebagai TK percontohan PAUD HISBE yang mewakili kecamatan Cibeunying Kidul,

melakukan kegiatan outing ke perpustakaan Gasibu Kota Bandung, kemarin (18/9).

Kegiatan outing merupakan aktivitas bulanan yang diselenggarakan TK tersebut sebagai ajang pembelajaran yang melibatkan aktivitas di luar sekolah. Pada kegiatan kali ini, TK Mutiara tampaknya memanfaatkan fasilitas publik yang disediakan pemerintah setempat yakni perpustakaan Gasibu, yang baru diresmikan pada 16 September tahun lalu. ”Tujuan dari kegiatan outing kali ini adalah untuk mendekatkan anak pada buku dan untuk meningkatkan literasi anak pada usia dini. Program ini pastinya untuk mengenalkan anak pada buku dan perpustakaan. Seperti bagaimana kita masuk perpustakaan, mengambil buku, dan menyimpannya kembali, dan anak diajarkan etika berada di perpustakaan seperti jangan berisik karena akan mengganggu aktivitas pengunjung lain,” ujar Aida, guru TK Mutiara didampingi Tomi Setianto, peneliti muda di Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Universitas Padjadjaran/Pendamping PAUD HISBE Kota Bandung.

Lanjutnya, peserta didik sangat antusias ketika memasuki perpustakaan, itu terlihat dari awal mula anak-anak memasuki pintu masuk perpustakaan mereka tampak terlihat berebut untuk menuliskan nama mereka pada buku tamu, meskipun tak semua anak dapat menulis pada usianya yang masih belia.

Di dalam perpustakaan, anak-anak saling mengambil buku satu sama lain pada bagian rak buku anak yang disediakan oleh perpustakaan. Terdapat ribuan koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Gasibu sehingga anak mampu mengambil buku yang sesuai dengan keinginan mereka.

Tak hanya itu, setelah anak-anak melakukan aktivitas membaca. Guru TK Mutiara

memberikan dongeng dengan sumber cerita berasal dari salah satu buku di perpustakaan. Anak-anak dengan khidmat mendengar-kan guru ber-cerita mengenai kisah dongeng Tiga Ekor Capung.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula ketua POMG TK Mutiara, Ibu Andri. Beliau mengatakan bahwa kegiatan Outing tersebut bagus untuk mendekatkan anak pada buku. “Ya kegiatan outing ini bagus ya, karena supaya anak lebih interest sama membaca dan juga tadi sebelum ke perpustakaan olahraga dulu untuk menjaga kesehatan anak. Selama ini berjalan dengan baik alhamdulillah, anak-anak bisa mengikuti aturan,” katanya.

Sebelum mengunjungi perpustakaan, memang para peserta didik TK Mutiara terlebih

dahulu melakukan aktivitas olah raga singkat di lapangan Gasibu untuk menjaga kesehatan anak. Anak-anak bermain dengan fasilitas yang tersedia di sana. Beberapa games hendak dilakukan pada kesempatan ini seperti menyusun batu hingga setinggi mungkin dengan menggunakan media yang tersedia.

 

Sumber :

https://egriechen.info/