Penyebaran Worm

Table of Contents

Penyebaran Worm

Penyebaran Worm

Pada saat lagi asik browsing-browsing nyari bahan tugas, ketemu link dari Chip.co.id yang ini, baca-baca sampai halaman 2, di akhir tulisan ada sedikit biografi dari Robert Tappan Morris (selanjutnya saya sebut RTM) ini, dan baca kalimat akhir “Pria pertama yang jadi ‘korban’ UU Cybercrime (Computer Fraud and Abuse Act).” hehe, apa iya, saatnya buka new tab nyari info lebih dalam tentang si RTM ini. hehe.
Nama: Robert Tappan Morris alias RTM
Lahir: 8 November 1965
Pendidikan:
Harvard (Bachelor), Cornell (Master), dan Harvard (Ph.D)
Karir:
Associate Professor di MIT
Pendiri Viaweb dan Y Combinator
Pria pertama yang jadi ‘korban’ UU Cybercrime (Computer Fraud and Abuse Act).

Pas ketik nama Robert Tappan Morris di Google sih banyak banget artikel tentang dy, jadi makin semangat pengen kenal lebih jauh

Sebenernya siapa sih RTM itu? dulu sih pernah baca seklias tentang dy di Satu Thread Kaskus (lupa thread yg mana) isinya tentang 10 Hacker gitu dah, dan RTM ini salah satunya, yang saya inget dy itu pencipta Worm Pertama, dan dy jadi inspirator untuk perkembangan virus komputer di dunia, jadi lah dia seorang “Bapak Virus Komputer”
Jadi pada tahun 2008, RTM terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana di Cornell University, RTM merancang worm replikasi diri dan memberikannya misi: pergi keluar untuk menentukan besar ukuran dari internet.

Hal ini ternyata malah menjadi bumerang, replikasi itu sendiri di luar kendali karena menginfeksi ribuan komputer (banyak pada waktu itu!), biaya jutaan dolar telah dihasilkan dari kerusakan yang disebabkan oleh Worm’a RTM ini, dan kejadian ini menginspirasikan pemerintah AS untuk menciptakan tanggap darurat untuk komputer yang sekarang dikenal sebagai CERT (Computer Emergency Response Team).

RTM akhirnya dibebankan atas Penipuan Komputer & Penyalahgunaan Undang-Undang atas kejahatan disengaja dan diperintahkan untuk membayar $ 10.000 dan melakukan 400 jam pelayanan masyarakat dan menjadikan RTM sebagai orang pertama yang menjadi “korban” UU Cyber Crime lebih tepatnya Undang-Undang Computer Fraud and Abuse (Penyalahgunaan dan Penipuan dengan Komputer).
Source Code dari Morris’ Worm diarsipkan pada sebuah floppy disk 3.5 inci hitam sekarang dipajang di Boston Museum of Science.

Sekitar 6000 Komputer berbasis Unix pada tahun 2008 berhasil terinfeksi Worm buatan RTM ini. Kejadian itu kemudian dikenang sebagai The Great Worm, istilah yang diadopsi langsung dari istilah dalam karya-karya mitologi J.R.R. Tolkien (Lord of The Rings; The Hobbit; dan seterusnya.). Dalam kisah Tolkien, Great Worm mengacu pada dua naga yang menimbulkan kekacauan dan membangkitkan rasa takut di suatu wilayah di Middle Earth.

Motif awal RTM membuat dan menyebarkan Morris Worm adalah membuat program itu untuk menyebar dan “mengukur” seberapa besar jaringan internet. Worm itu bekerja dengan memanfaatkan kelemahan pada sistem Unix, termasuk untuk menyembunyikan dirinya dan juga melakukan penggandaan diri lewat jaringan.

Di sisi lain, worm itu memang mengeksploitasi celah keamanan layaknya berbagai program jahat yang saat ini marak beredar. Kemudian, ia juga disebarkan dari kampus Massachusets Institute of Technology (MIT) untuk menutupi jejak aslinya dari Cornell (tempat Morris).

Efek paling dahsyat dari Morris Worm adalah kemampuannya menggandakan diri di setiap sistem yang terinfeksi. Akibatnya, ia melakukan infeksi berulang-ulang pada sebuah komputer hingga sang komputer tidak sanggup lagi bekerja dengan baik.

eh iya, ngomong-ngomong dari kabar yang beredar sepertinya pepatah “buah tak akan jauh dari pohonny” sepertinya benar adanya, Coba liat gambar pertama di atas, orang berjanggut disebelah kanan itu menurut kabar adalah Bapaknya RTM dan merupakan orang hebat juga.
sementara Gambar perempuan disebelah RTM adalah Ibu’a dan foto tersebut diambil pada saat RTM sedang menjalani persidangan. CMIIW

Sumber : https://solopellico3p.com/