Molly hanya Menghasilkan Keturunan Perempuan

Molly hanya Menghasilkan Keturunan Perempuan

Molly hanya Menghasilkan Keturunan Perempuan

NAMANYA Molly (Poecilia formosa). Ia hidup di wilayah perbatasan Texas

dan Meksiko. Tidak seperti spesies ikan lain, Molly hanya menghasilkan keturunan berjenis kelamin perempuan. Spesies ikan kecil itu bereproduksi secara aseksual melalui ginogenesis sehingga keturunannya sama persis.

Ginogenesis merupakan proses terbentuknya zigot dari gamet betina tanpa kontribusi

dari gamet jantan. Molly membutuhkan sperma untuk memicu proses kloning. Sel sperma menembus sel telur, tapi tidak ada satupun DNA jantan yang masuk telur Molly. “Menurut teori, spesies ini seharusnya sudah tidak ada lagi. Sudah lama punah,” kata Manfred Schartl, Ketua Kimia Fisiologis di Biocenter Universitas Wrzburg.

Schartl dengan tim peneliti mengeksplorasi upaya molly amazon selama ini

hingga bisa bertahan meski mengalami evolusi. Untuk itu, para peneliti mengurutkan genom spesies ikan dan membandingkannya dengan spesies yang terkait. Hasil penelitian mereka dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution edisi terbaru. Penelitian menyimpulkan variabilitas ini dikombinasikan dengan respons kekebalan yang luas yang berkontribusi pada fakta Molly tidak bernasib seperti spesies lain yang bereproduksi secara aseksual, yaitu menjadi korban patogen. (iflscience/*/L-2)

 

Baca Juga :