Kenakalan Remaja

Table of Contents

Kenakalan Remaja

PEMUDA DAN IDENTITAS

PEMUDA DAN IDENTITAS

Masa remaja adalah masa dimana seorang manusia mengalami transisi dari anak-anak menuju dewasa. Secara alamiah munculah tanda-tanda manusia mengalami pubertas, dengan berkembangnya hormon-hormon yang ada pada diri manusia sehingga tubuhnya mengalami perubahan-perubahan menuju manusia dewasa. Selain itu, jiwanya juga mengalami perubahan. Rasa ingin tahu yang sangat tinggi sehingga dirinya sering mengalami rasa untuk mencari tahu, merasakan bahkan sampai mencoba.

            Proses itu juga sebagai dasar seorang manusia untuk mencari jati dirinya. Kenakalan-kenalan remaja juga kadang tak terhindarkan dari poses itu. Biasanya kenakalan remaja yang sering timbul adalah seks bebas, narkoba, dan tauran. Hal penyimpangan itu terjadi karena menyimpang dari kaidah-kaidah agama, peraturan dan norma-norma pidana. Karena perilaku yang menyimpang itu dapat merugikan diri sendiri dan orang-orang sekitarnya. Karena itu peranan keluarga, lingkungan dan pergaulan sangatlah berpengaruh.

            Keluarga adalah proses awal atau dasar seorang manusia untuk bertumbuh dan berperilaku yang baik. Orang tua juga sebagai contoh awal seorang manusia. Orang tua yang baik tentunya selalu membimbing anak-anaknya yang baik, mengontrol apa yang baik diterima oleh anak-anaknya serta memberitahu mana perbuatan yang tidak patut untuk dilakukan. Kemudian yang berikutnya adalah lingkungan. Lingkungan juga sangatlah berpengaruh dalam proses pembentukan jati diri manusia. Karena manusia juga adalah makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain yang bisa diajak untuk berkomunikasi, bekerjasama yang saling memahami dan saling membantu.

            Sifat dan tindakan yang dilakukan seorang manusia tergantung apa yang didapat dari pergaulan sehari-harinya. Dalam lingkungan sekolah/pendidikan formal manusia diajarakan. Kenakalan remaja pun tak terhindarkan karena di lingkungan sekolah mereka berkumpul dalam teman-teman sebayanya. Tentu juga mereka sedang mengalami proses yang sama, yaitu proses mencari jati diri. Makanya sering timbul kenakalan remaja.

Sebagai contoh kasus kenakalan remaja:

 

Tragedi penyiraman air keras ke penumpang bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol.

Ridwan Nur alias Tompel begitu berani menyiram air keras ke bus PPD 213 jurusan Kampung Melayu-Grogol, sehingga melukai 13 orang. Aksi nekat Tompel itu sebenarnya disebabkan oleh berbagai faktor.

Pelajar kelas XII SMK I DKI atau biasa dikenal STM Boedoet itu kerap kali terlibat tawuran dengan pelajar lain. Selain itu, Tompel juga punya pengalaman buruk disiram air keras oleh pelajar lain. Kejadian itu rupanya membekas di hati Tompel. Bekas luka di kepala atau pitak membuatnya menyimpan dendam kesumat. Ditambah lagi minimnya pengawasan dari keluarga membuat Tompel semakin menjadi.

Baca Juga :