Hibrida Hewan-Tumbuhan Dan Penjabarannya

Hibrida Hewan-Tumbuhan Dan Penjabarannya

Hibrida Hewan-Tumbuhan

Hibrida antar spesies sangat jarang terjadi, dan kalaupun terjadi, hasilnya akan sangat aneh. Anda dapat membacanya disini. Namun bagi yang satu ini bukan sekedar antar spesies, tapi hibrida antar Kingdom yaitu animal kingdom dan plants kingdom, hibrida antara dunia hewan dan dunia tumbuhan, meskipun ini bukan perkawinan tetapi disebut Endosimbiosis. Suatu hal yang hampir tidak mungkin, tetapi ternyata ada….

Ini adalah siput laut berbentuk daun yang indah bernama Elysia chlorotica, tinggal di kolam dangkal di sepanjang pantai Atlantik Amerika Utara, makan ganggang dengan lahap – satu kali makan sudah cukup untuk seumur hidup! – kemudian dia menggunakan fotosintesis seperti tanaman lain, menghancurkan definisi yang paling mendasar yang membedakan antara  Kerajaan hewan dan Kerajaan Tumbuhan.

Jika manusia sekarang baru berslogan Go Green, tapi untuk siput ini, menjadi hijau ternyata bisa sangat efisien!

Ini adalah contoh alami satu satunya (yang diketahui) dari pembagian gen antara animal kingdom dan plants kingdom

Siput Elysia chlorotica muda masih berwarna coklat sampai mereka makan makanan hijau pertama mereka … dan tepat setelah itu, mereka siap untuk membuat pigment chlorophyll nya sendiri selama sisa hidup mereka!

Elysia chlorotica adalah “siput laut yang mencuri cukup gen untuk menjadi hewan yang membuat klorofil seperti tanaman”. Mereka tidak hanya menggunakan kloroplas dari alga yang mereka makan. Fenomena ini, meskipun jarang, dikenal sebagai kleptoplasty. Terlebih lagi, mereka tampaknya memiliki gen tertentu yang membuat mereka mampu menjaga pengolahan kloroplas dengan cara yang konsisten dan berkelanjutan:

Sumber  : https://ngelag.com/